secuil cerita

SMA NEGERI 1 TANJUNGANOM
STUDY TOUR KE BALI
SMA N 1 TANJUNGANOM

Berhubung Kelas 12 ujian sekolah dan libur selama seminggu digunakan untuk study tour kelas 11 ke Bali tepatnya tanggal 15-19 Maret 2015. Hampir seluruh kelas 11 ikut dan beberapa guru mendampingi, total keseluruhan mencapai 6 bus pariwisata besar.

Rombongan study tour SMA NEGERI 1 TANJUNGANOM berangkat sekitar pukul 12. Sekitar pukul setengah 4 Tiba di salah satu masjid di Pasuruan. Diperjalanan kami melihat Paiton, pusat listrik yang begitu indah dengan banyak lampunya. Sekitar pukul 7 malam tiba di Rumah Makan di Pasir Putih, disana kita juga sholat. Di lanjutkan perjalanan kami menyusuri hutan Purwo, Situbondo yang terkenal menyeramkan disana benar-benar menyeramkan tidak ada lampupun, jalan yang begitu menikung. Sekitar pukul setengah 12an kami tiba di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, dan menunggu beberapa saat karena saat itu antri banyak yang sedang ingin ke Bali dari berbagai sekolah. Lalu sekitar pukul setengah 1 kami berangkat tiba pukul 2 di pelabuhan Gilimanuk, Bali. Kami turun dari kapal dan menyusuri jalan yang panjang.

Kita melanjutkan untuk langsung ke Tanah Lot, tiba disana sekitar pukul 6 pagi kami disuruh mandi dan sholat terlebih dahulu dan al hasil ke tanah lot tidak melihat sunrisetapi hal itu tidak menghalangi kami untuk berfoto-foto terasa lelah hilang. Kemudian kami sarapan di Agung bali, disana ramai banget dari berbagai sekolah. Dilanjutkan dengan ditemani oleh guide local sekitar pukul setengah 10 kami tiba di Joger (pabrik kata-kata), disana kasir pembayarannya antri panjang. Lalu setelah berbelanja kami menuju Bedugul, sebelum kesana kami makan siang di salah satu Rumah Makan. Perjalanan menuju Bedugul dengan jalan yang menikung kami disuguhkan dengan pemandangan bukit hijau yang indah dan hujan gerimis. Tiba di Bedugul hujan deras menderai kami, turun dari Bus kami menuju masjid didepan Bedugul untuk sholat, air wudhunya dingin banget kayak es. Karena cuaca tidak mendukung kami hanya berfoto-foto disamping danau. Kemudian kami melanjutkan menuju hotel tepatnya hotel Nikki Jl. Gatot Subroto no.2 Denpasar, sekitar pukul 5 kami tiba di hotel, check in dan beres-beres sebentar lalu makan malam.

Keesokan harinya sekitar pukul 7 sarapan setengah 8 kami menuju cening bagus untuk membeli oleh-oleh. Dilanjutkan ke Tanjung Benoa, diperjalanan kami lewat jalan tol di bali yang begitu indah di tengah laut. Sekitar setengah 11 kami tiba di Tanjung Benoa, untuk yang ingin ke Pulau Penyu naik perahu kesana dan membayar sendiri. Kemudian kami makan siang disana. Setelah itu dilanjutkan perjalanan menuju Pantai Pandhawa, diperjalanan ke pantai pandhawa kami disuguhkan dengan tebing kapur dipapas tegak dan mendekati pantai kami disuguhkan dengan ukiran patung pewayangan dan sekitar pukul 12 kami tiba disana. Karena siang hari kesana jadi cuacanya panas sekali, tapi pemandangan yang indah tak menyurutkan kami untuk berfoto-foto. Setelah itu kami melanjutkan menuju pantai Kuta, kami berhenti di dekat Krisna untuk berganti kendaraan karena jalanan Kuta tidak diperbolehkan memakai kendaraan besar. Tiba disana sekitar pukul 3 al hasil disana kami tidak melihat sunset, tapi hal itu tak menyurutkan bagi kami. Kemudian kami kembali dan menuju ke Krisna untuk makan dan membeli oleh-oleh. Sekitar pukul 6 kami kembali ke hotel untuk bersiap-siap check out besoknya.

Sekitar pukul 8 kami check out dan menuju ke maonumen Braja Sandy. Sekitar pukul 9 kami tiba, melihat diorama kerajaan dahulu dan berfoto-foto serta naik ke atas melihat pemandangan dari atas yang begitu indah. Lalu kami menuju Kesenian Tari Barong, disana ramai sekali tak menyurutkan untuk melihatnya. Setelah itu kami berpisah dengan guide local dan dilanjutkan menuju pantai soka untuk makan siang juga. Sekitar pukul 12 kami tiba, tetapi kami hanya makan siang disana karena sedang ada acara prosesi sebelum nyepi. Kemudian kami menuju perjalanan pulang. Sekitar pukul 3 kami tiba di pelabuhan Gilimanuk, dan tiba di pelabuhan Ketapang sekitar pukul 4. Lalu kami berhenti di salah satu Rumah Makan di Banyuwangi, disana kami juga dilanjutkan sholat. Di hutan Purwo kami terjebak macet karena ada truk yang tidak kuat naik di jalanan menikung. Sekitar pukul 11 kami mampir ke Bondowoso untuk membeli oleh-oleh khasnya yaitu tape Bondowoso. Kemudian kami tidak berhenti lagi, melanjutkan perjalanan. Pukul 3 kurang kami telah tiba di SMA NEGERI 1 TANJUNGANOM.